Tuesday, October 18, 2011

Modul TIK Kelas 8 – SMPIT Ummul Quro Bogor
1. PENDAHULUAN
1.1 DESKRIPSI
Modul Pembelajaran TIK SMPIT Ummul Quro Bogor Kelas 8 Semester Ganjil
1.2 TUJUAN AKHIR
Setelah mempelajari modul ini, peserta didik diharapkan untuk dapat :
• Menjelaskan dan mempersiapkan Perangkat Lunak Freeware untuk dapat digunakan
mengolah kata;
• Menjelaskan dan mengoperasikan fungsi menu-menu pengolah kata Freeware ;
• Menjelaskan dan mengoperasikan fungsi menu-menu editing dan formating sederhana pada
pengolah kata Freeware ;
• Menjelaskan dan mengoperasikan cara pengaturan Layout Dokumen pada pengolah kata
Freeware ;
• Menjelaskan dan mengoperasikan cara pengaturan Format Berulang (AutoCorrect) pada
pengolah kata Freeware ;
• Menjelaskan dan mengoperasikan pembuatan Header, Footer, Page Numbering pada
pengolah kata Freeware ;
• Menjelaskan dan mengoperasikan cara menggunakan Tabulasi pada pengolah kata
Freeware ;
• Menjelaskan dan mengoperasikan cara membuat Teks Berkolom pada pengolah kata
Freeware ;
• Menjelaskan dan mengoperasikan cara membuat tabel pada pengolah kata Freeware ;
• Menjelaskan dan mengoperasikan perintah cetak dan konversi dokumen ke PDF pada
Perangkat Lunak pengolah kata Freeware ;
\
Halaman - 1
Modul TIK Kelas 8 – SMPIT Ummul Quro Bogor
MODUL BELAJAR 1
1. Definisi Perangkat Lunak Pengolah Kata
Word processor (selanjutnya disebut pengolah kata) adalah suatu program pengolahan
dokumen yang berisi teks dan gambar atau berbasis GUI (Graphic User Interface) yang memiliki
banyak keistimewaan.
Dalam sistem operasi berbasis teks seperti DOS kita bisa memanfaatkan perintah copy con
untuk membuat file teks, walaupun sifatnya sangat-sangat terbatas. Sedangkan dalam sistem operasi
GUI seperti Windows sebenarnya sudah ada notepad maupun Wordpad yang kemampuannya dalam
mengolah kata sudah cukup baik. Namun karena tuntutan terhadap kebutuhan untuk bekerja dengan
teks dan obyek-obyek lain yang semakin kompleks akhirnya harus dipergunakan Perangkat Lunak
yang benar-benar bisa memenuhinya.
Saat ini sudah terdapat banyak sekali Perangkat Lunak pengolah kata yang bisa mengerjakan
bermacam tugas yang sangat kompleks. Contoh-contohnya adalah Wordstar, ChiWriter,
WordPerfect, MS Work, Microsoft Word, KWriter dan AmiPro.
Ciri khas Perangkat Lunak pengolah kata secara umum adalah mengolah mulai dari karakter,
kata, kalimat, yang akhirnya membentuk suatu paragraf, sekumpulan paragraf membentuk satu
halaman, dan kumpulan halaman membentuk sebuah naskah yang dalam hal ini disebut sebagai file
atau dokumen.
Kemampuan utama Perangkat Lunak pengolah kata meliputi penulisan, pembentukan
(formatting) penambahan, penghapusan, penyimpanan dan pencetakan.
Dalam Modul ini akan dibahas program pengolah kata Freeware dari Sun Microsystem yaitu
text document pada OpenOffice. Sama halnya dengan MS Word pada Microsoft Office adalah suatu
program pengolahan kata yang berbasis GUI. Namun perbedaan hanya terletak pada Close Source
(berlesensi) dan Open Source (bebas untuk dikembangkan bersama).
2. Mempersiapkan Perangkat Lunak Pengolah Kata
Perangkat Lunak pengolah kata Freeware yang banyak digunakan saat ini adalah Text
Dokument pada OpenOffice dari Sun Microsystem. Aplikasi Text Document memiliki fasilitas serta
fitur-fitur yang sebagian besar sama dengan MS Word.
Untuk dapat menjalankan Text Document pada OpenOffice, terlebih dahulu kita harus
menginstallnya ke dalam sistem Windows atau linux.
Cara untuk mengakses aplikasi Text Document yang sudah terinstal pada system Operasi
Windows, antara lain:
Langkah – langkahnya adalah :
Klik Start → Programs → OpenOffice → OO writer
Halaman - 2
Modul TIK Kelas 8 – SMPIT Ummul Quro Bogor
Setelah tereksekusi maka aplikasi Text Document akan dijalankan dan menampilkan lingkungan
kerja.
3. Rangkuman Kegiatan Belajar 1 :
Perangkat Lunak Word Processor (selanjutnya disebut pengolah kata) adalah suatu program
yang mengolah dokumen berisi teks dan gambar yang memiliki banyak keistimewaan dan sangat
profesional dibanding dengan program teks yang sudah ada. Perangkat Lunak pengolah kata dengan
platform windows yang open source yang banyak digunakan saat ini adalah Text Document platform
Windows dan OpenOffice dengan platform Linux
Halaman - 3
Modul TIK Kelas 8 – SMPIT Ummul Quro Bogor
2.5. Tes Formatif :
A. Tes Teori
1. Urutan langkah untuk mengakses Text Document menggunakan tombol start adalah ….
a.Start → Program → OpenOffice → Text Document
b.Start → OpenOffice → Text Document
c.Open → Start → Program → Open Text Document
d.Open → Start → Program → OpenOffice → Text Document
e.Start → Program → OpenOffice --> Spreadsheet
2. Menjalankan Program Text Document melalui Dekstop dapat dilakukan dengan cara ….
a.Klik ganda ikon Text Dokumen
b.Klik ganda tombol start
c.Klik ganda pada my document
d.Klik ganda my computer
e.Klik ganda network
3. Program Pengolah kata text document merupakan group dari program ….
a.OpenOffice
b.Ms Office
c.Ms Word
d.Windows
e.Open Office
4. Lokasi file program pengolah kata text documen secara default tersimpan pada folder ….
a.Program Files
b.my document
c. Accessories
d.Windows
e.My Data
5. File yang dieksekusi pada saat menjalankan Text Document pada Windows adalah ....
a.OpenOffice.exe
b.OpenOffice.exe
c.Office.exe
d.Office7.exe
e.soffice.exe
B. Tes Praktek
Installah OpenOffice untuk Windows dan kemudian cobalah buka dan perhatikan secara
seksama fitur dan pengaturan pengaturannya.
Halaman - 4
Modul TIK Kelas 8 – SMPIT Ummul Quro Bogor
MODUL BELAJAR 2
A. Mengenali Lingkungan Kerja
A.1. Menu dan Toolbar
Menu menampilkan sekumpulan perintah. Beberapa di antaranya selain berupa teks juga
memiliki gambar (image) yang menjadi simbolnya sehingga mudah mengasosiasikan keduanya.
Sebagian besar menu terletak pada menu bar, sedangkan toolbar adalah sebuah baris
memanjang yang bisa terdiri dari button (tombol), menu, atau kombinasi keduanya. Biasanya dapat
diaktifkan atau dinonaktifkan melalui View --> Toolbars
Pada Text Documen OpenOffice, selain Menu Bar terdapat 2 buah toolbars yang biasanya
ditampilkan yaitu :
1. Standar Bar
Terdiri perintah/ikon : New, Open File, Save Document, Edit, Export to PDF, Print, Cut, Copy,
Paste, Undo, Redo, Navigator On/Off, Stylist On/Of, Hyperlink, Gallery.
Halaman - 5
Modul TIK Kelas 8 – SMPIT Ummul Quro Bogor
2. Formatting Bar
Terdiri perintah/ikon : Apply Style, Font Name, Font Size, Bold, Italic, Underline, Align Left, Align
Right, Centered, Justified, Numbering On/Off, Bullet On/Off, Decrease Indent, Increase Indent, Font
Color, Highlighting, Paragraph background.
A.2. Shortcut Key (Kunci shortcut)
Kunci shortcut (jalan pintas) berfungsi untuk mengakses perintah dengan menggunakan
keyboard, yang sebagian besar mengacu pada layout keyboard U. S. Untuk sebagian pengguna yang
sudah banyak mengetahui kombinasi kunci-kunci ini biasanya lebih senang bekerja tanpa
menggunakan mouse. Karena akan banyak menghemat waktu dan mempercepat pekerjaan.
Di bawah ini terdapat daftar kombinasi kunci shortcut pada keyboard yang sering digunakan
untuk mengeksekusi perintah dalam aplikasi Text Document pada OpenOffice
Halaman - 6
Modul TIK Kelas 8 – SMPIT Ummul Quro Bogor
Untuk mencari informasi mengenai kombinasi lainnya tekan saja tombol F1 atau Help lalu
masukkan kata kunci keyboard shortcut, maka akan ditampilkan seluruh perintah yang ada dalam
OpenOffice.
A.3. Operasi Dasar
A.3.1. Membuat Dokumen Baru
Untuk membuat dokumen yang baru juga memiliki lebih dari satu cara:
1. Klik File --> New --> Text Document
alaman - 7
Modul TIK Kelas 8 – SMPIT Ummul Quro Bogor
2. Dengan keyboard shortcut Ctrl + N
3. Klik pada icon
Kemudian akan muncul lembar kerja kosong seperti yang ditunjukkan pada Gambar 6., baru
mulai membuat atau mengetik naskah.
A.3.2. Menyimpan Dokumen
Setelah bekerja dengan dokumen yang baru kalau kita perlu melakukan penyimpanan terhadap
dokumen tersebut. Cara-cara yang bisa dilakukan adalah :
1. Klik File > Save
2. Dengan keyboard shortcut Ctrl + S
3. Dan klik pada icon
Dalam menu File juga terdapat perintah Save As yang dimaksudkan untuk menyimpan file
yang sudah ada sebelumnya dengan nama yang lain. Hal ini ditujukan bila kita ingin melakukan
perubahan terhadap sebuah file namun file aslinya masih tetap kita pertahankan.
Ketika kita ingin menyimpan sebuah dokumen baru maka yang akan muncul setelah
mengeksekusi perintah simpan adalah sebuah jendela Save As. Kita harus memasukkan sebuah
nama untuk mengidentifikasi file tersebut setelah sebelumnya kita tentukan lokasi penyimpanannya.
Sedangkan untuk type file terdapat berbagai macam pilihan, untuk type asli file kita akan
disimpan dengan ekstensi .odt Pilihan type yang lain tergantung dari kebutuhan kita terhadap file
tersebut. Bisa berupa .txt bila tanpa menggunakan tambahan obyek lainnya seperti gambar. Atau bila
kita ingin membuat sebuah halaman web maka bisa dipilih type web page (html).
Halaman - 8
Pilih Type File yang diinginkan
Modul TIK Kelas 8 – SMPIT Ummul Quro Bogor
A.3.3. Membuka Dokumen
Dalam pengoperasian Perangkat Lunak menggunakan Text Documen pada OpenOffice
disamping kita mampu membuat dokumen baru juga dituntut untuk bisa membuka dokumen yang
sudah kita buat guna untuk perbaikan-perbaikan apabila terjadi kesalahan pada dokumen tersebut.
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan :
1. Klik File --> Open
Gambar
2. Dengan shortcut key, tekan Ctrl + O
Kedua cara di atas akan mengaktifkan jendela Open, kemudian kita tinggal mencari file mana
yang akan kita buka
A.3.4 Menutup Dokumen
Setelah berhasil membuka sebuah file maka kita harus bisa menutupnya secara benar, tetapi
sebelum kita menutup file sebaiknya harus disimpan dulu.
Cara yang bisa ditempuh adalah sebagai berikut:
1. Untuk menutup file tanpa keluar dari aplikasi,
Klik File --> Close
2. Sedangkan untuk menutup file sekaligus keluar dari Aplikasi Text Documen, klik pada icon
yang terletak di sebelah kanan atas lembar kerja.
3. Sedangkan dengan menggunakan shortcut bisa dengan menekan ALT+F4.
Halaman - 9
Modul TIK Kelas 8 – SMPIT Ummul Quro Bogor
Tugas
Setelah anda mengenal beberapa menu dan toolbars pada Text Document pada OpenOffice
writer, lakukanlah beberapa latihan lebih lanjut untuk mengenal menu dan toolbars atau perintahperintah
yang belum anda ketahui. Catat dan amati beberapa permasalahan yang anda temui dalam
latihan tersebut.
Tes Formatif :
3.7.1. Tes Teori
1. Membuat sebuah dokumen baru untuk mengeksekusi perintah dalam pengolah kata Text
Document adalah :
a. CTRL+N
b. CTRL+O
c. CTRL+W
d. CTRL+S
e. CTRL+E
2. Langkah-langkah menyimpan dokumen dalam aplikasi Text Document adalah :
a. klik File --> Open
b. klik File --> New
c. klik File --> Save
d. klik File --> page setup
e. Klik File --> reload
3. Menyimpan dokumen dengan nama file tertentu pada aplikasi Text Document adalah :
a. klik File --> Save
b. klik File --> Save As
c. klik File --> Open
d. klik File --> New
e. klik File --> Load
4. Untuk menutup dokumen dengan shortcut menggunakan tombol kombinasi keyboard . . . . .
a. ALT+F1
b. ALT+F2
c. ALT+F3
d. ALT+F4
e. ALT+F5
5. Pada Text Document OpenOffice, file yang akan disimpan secara default akan
berekstensi . . . .
a. .doc
b. .xls
c. .odt
d. .odf
e. .ods
Essay
1. Menu toolbar pada OpenOffice.org Writer yang utama dan aktif terdiri atas tiga komponen
yaitu . . . ., . . . . dan . . . .
2. OpenOffice.org Writer merupakan program paket perangkat lunak dari program perkantoran
.. . .
3. Menu maximize berfungsi untuk . . . .
4. Jelaskan fungsi scrollbar pada OpenOffice.org Writer . . . .
5. Menu toolbar yang digunakan untuk menampilkan toolbar tersembunyi terdapat pada
submenu
. . . .
6. Bagaimana cara memasukkan gambar ke dalam dokumen OpenOffice.org Writer?
Halaman - 10
Modul TIK Kelas 8 – SMPIT Ummul Quro Bogor
7. Jelaskan perbedaan antara menu Bullets dan menu Numbering!
8. Apa yang dimaksud dengan funngsi kombinasi pada keyboard?
9. Ctrl + V memiliki fungsi untuk . . . .
10. Menu insert memiliki fungsi untuk . . . .
3.7.2 Tes Praktek
Lakukan urutan langkah-langkah membuka, menyimpan satu naskah pada folder my document
dengan nama file latihan dengan menggunakan mouse dan tombol kombinasi (shortcut), kemudian
menutup dan membuka kembali file yang telah dikerjakan.
Halaman - 11
Modul TIK Kelas 8 – SMPIT Ummul Quro Bogor
MODUL BELAJAR 3
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu melakukan formating dan editing sederhana, mengatur layout dokumen,
mengatur format berulang (Auto correct), pembuatan header, footer, page numbering, mengunakan
tabulasi, membuat teks berkolom menggunakan Perangkat Lunak menggunakan Aplikasi Open
SourceText Documen dari OpenOffice.
A.1. Melakukan Editing Dan Formatting Sederhana
Untuk membuat sebuah naskah yang bagus kita bisa memanfaatkan berbagai macam fasilitas
yang disediakan oleh terutama fasilitas formatting yang sudah diletakkan dalam sebuah toolbar
tersendiri.
Pada toolbar tersebut sudah tersedia fasilitas-fasilitas untuk mengubah jenis huruf (font style),
ukuran huruf (font size), format huruf, perataan (alignment), spasi baris, penandaan dan penomoran,
jarak masuk paragraf, batas tepi, highlight, serta warna font.
Sedangkan untuk fasilitas lainnya bisa diakses melalui menu Format.
A.2. Menggunakan perintah Cut, Copy, Paste
1. Perintah Cut berfungsi memotong text atau objek yang sumbernya dihilangkan dan disimpan
di clipboard.
2. Perintah Copy berfungsi untuk menggandakan text atau objek yang sumbernya masih tetap
dipertahankan.
3. Perintah Paste berfungsi untuk menyalin/menempel text atau objek yang telah tersimpan
didalam clipboard yang dilakukan oleh perintah cut dan copy.
Perintah ini dapat diakses pada menu edit atau pada function toolbars seperti yang terlihat pada
gambar 14, juga bisa juga digunakan tombol kombinasi pada keyboard.
Halaman - 12
Modul TIK Kelas 8 – SMPIT Ummul Quro Bogor
A.3. Mengatur Layout Dokumen, Paragraf, dan Character
Agar penampilan dokumen kita lebih bagus perlu kita lakukan juga pengaturan pada batasbatas(
margin)halaman lembar kerja, ukuran kertas juga orientasi yang kita butuhkan. Untuk
mengaksesnya klik pada Format → Page
Pada tab Margins terdapat form-form pengaturan batas kanan, kiri, atas dan bawah. Sedangkan
Orientation digunakan untuk memilih tampilan memanjang atau melebar. Tab Paper digunakan untuk
memilih ukuran kertas, yang akan tersedia secara lengkap apabila periferal printer sudah terinstal.
Selain Pengaturan Halaman, dalam penyusunan dokumen juga dibutuhkan pengaturan
paragraf. Ini dilakukan agar paragraf yang kita buat bisa kita sesuaikan dan kreasikan sesuai dengan
format yang diminta. Untuk melakukan pengaturan paragraf dengan mengklik : Format –. Paragraph
Halaman - 13
Pada function
toolbar
terseidia\\\\\\\\\\\\\\\\
\\\\\\\
Pada menu
edit
terseidia\\\\\\\\\
\\\\\\\\\\\\\\
Tombol
kombinasi
keyboard
terseidia\\\\\\\\\\\\\
\\\\\\\\\\
Modul TIK Kelas 8 – SMPIT Ummul Quro Bogor
Pada pengaturan paragraf dilakukan pengaturan terhadap :
1. Indensi dan Jarak yang meliputi
a. Before text, berfungsi untuk mengatur jarak antara sisi kiri paragraf dengan batas margin
kiri.
b. After text, berfungsi untuk mengatur jarak antara sisi kanan paragraf dengan batas margin
kanan.
c. First line, digunakan untuk pengaturan seberapa jauh baris pertama paragraf akan
menjorok lebih ke dalam atau ke luar dibandingkan dengan baris kedua,dan seterusnya
d. Above/Below Paragraph, berfungsi mengatur jarak antar paragraf
e. Line Spacing, berfungsi mengatur jarak antar baris
2. Drop Caps yang berfungsi untuk mengatur pemberian huruf besar di awal baris
3. Alignment yang berfungsi untuk mengatur rataan terhadap paragraf
Dan pengaturan yang juga penting untuk dilakukan adalah pengaturan karakter/font
1. Font : Mengatur jenis font, bentuk font, dan ukuran font
2. Font Effect : Memberikan efek pada font yang dipilih
3. Hyperlink : Menjadikan kata yang dipilih sebagai link untuk membuka dokumen
Halaman - 14
Modul TIK Kelas 8 – SMPIT Ummul Quro Bogor
A.4. Pembuatan Header, Footer, Bullets & Numbering
Header adalah tulisan atau gambar yang terletak pada bagian atas halaman yang akan terus
muncul sebanyak jumlah halaman yang kita buat. Contoh yang sering kita temui adalah kop surat.
Sedangkan footer adalah header yang terletak di bagian bawah halaman.
Langkah membuat header
1. Klik Insert --> Header --> Default
2. Klik Insert --> Footer --> Default
3. Klik Menu Format --> Numbering/Bullets atau dengan mengklik ikon Bullets dan
Numbering
Halaman - 15
Modul TIK Kelas 8 – SMPIT Ummul Quro Bogor
A.5. Menggunakan Tabulasi
Tabulasi pada keyboard adalah suatu loncatan tempat kursor berpindah yang digunakan untuk
membuat awal paragraf menjorok atau masuk ke dalam, dalam pengolahan kata menggunakan text
editor pada OpenOffice telah tersedia ukuran atau jarak tabulasi secara otomatis. Untuk membuat
atau mengubah tabulasi dapat dilakukan degan mudah;
1. Tempatkan mouse pointer diatas ruler yang akan dibuat batas tabulasi yaitu pada ruler1.
2. Klik mouse.
3. Untuk menggeser/memindahkan letak tabulasi, klik mouse pada tanda tabulasi, kemudian
tekan tombol mouse dan jangan dilepas sambil mengesernya ketempat yang Anda inginkan, lepas
tombol mousenya maka sekarang tanda tabulasi akan bergeser.
Untuk menghilangkan tabulasi ada 2 cara:
A. Menggunakan mouse
1. Tempatkan mouse pointer pada tabulasi yang telah dibuat.
2. Tekan tombol mouse sambil menggesernya ke bawah sampai tanda tabulasi hilang.
3. Setelah hilang lepaskan tombol mouse secara cepat.
Dengan menggunakan menu
1. Klik Format --> Paragraph
2. Pilih Menu Tabs --> pada kolom position masukkan nilai jarak tabulasi --> pada kolom type
pilih jenis alignment tabulasi
A.6. Membuat Teks berkolom
Pengetikan paragraf dalam bentuk kolom-kolom yang sangat umum diterapkan pada pembuatan
koran sehingga pada umumnya pengetikan model seperti ini disebut kolom koran.
Halaman - 16
Modul TIK Kelas 8 – SMPIT Ummul Quro Bogor
4.9. Tugas
Dari langkah-langkah editing dan formating yang telah anda lakukan coba lakukan kembali
proses tersebut untuk dapat mengenal lebih jauh lagi fitur edit dan format yang anda ketahui. Catat
permasalahan dan pengamatan yang anda temui dalam pelaksanaan latihan tersebut.
4.10. Tes Formatif :
Pilihan Ganda
1. Tujuan melakukan editing dan formating adalah :
a. agar naskah menjadi bagus dan rapi
b. agar naskah mudah dibuka
c. agar naskah tidak hilang
d. memudah di dalam penyimpanan (saving)
e. memudahkan pencetakan
2. Dalam editing membuat huruf bercetak tebal dapat dilakukan dengan menekan tombol/icon
a. italic
b. bold
c. underline
d. font size
e. align left
Halaman - 17
Modul TIK Kelas 8 – SMPIT Ummul Quro Bogor
3. Untuk mengatur naskah dalam bentuk kolom dapat kita lakukan melalui menu :
a. insert --> columns
b. edit --> columns
c. format --> columns
d. tools --> columns
e. file --> columns
4. Untuk mengatur layout dokumen pada aplikasi pengolah kata Text Documen melalui ;
a. format --> page
b. file --> page setup
c. view --> toolbars
d. tools --> options
e. file --> print
5. Untuk membuat header atau footer pada pada aplikasi text documen melalui :
a. file --> header atau footer
b. edit --> header atau footer
c. view --> header atau footer
d. insert --> header atau footer
e. format --> header atau footer
Essay
1. Sebutkan tahapan pengelolaan dokumen . . . .
2. Untuk membuka file dokumen data menggunakan menu shortcut berupa ....
3. Jelaskan fungsi dari Save As . . . .
4. Bagaimana cara merubah ukuran dan posisi kertas . . . .
5. Apa yang dimaksud dengan perintah Before Text dalam fungsi menu indentasi teks . . . .
6. Sebutkan perbedaan antara menu header dan footer . . . .
7. Disebut apakah posisi kertas berbentuk datar?
8. Apa yang dimaksud dengan portrait?
9. Ctrl + S berfungsi untuk . . . .
10. Untuk mencetak dokumen, kita dapat menggunakan menu ikon yang bergambar . . . .
4.10.2. Tes Praktek
1. Buatlah sebuah naskah lebih dari dua halaman didalam naskah tersebut disertakan header
atas nama masing-masing, dan footer berisi kelas masing-masing, serta berilah penomoran
otomatis.
2. Buatlah sebuah naskah sebanyak satu halaman dengan menggunakan kolom koran.
Halaman - 18
Modul TIK Kelas 8 – SMPIT Ummul Quro Bogor
MODUL BELAJAR 4
5.1. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu membuat/mengaplikasi tabel (menambah, menghapus baris dan kolom
menggunakan Text Editor pada pengolah kata OpenOffice
5.2. Membuat Tabel
Dalam suatu dokumen diperlukan suatu data yang dibuat dalam bentuk tabel atau kolom untuk
mempermudah dan memperjelas dokumen untuk praktek tabel.
Proses pembuatan tabel
1. Klik Insert --> Table
Sebagai contoh pada kotak number of coloums isikan jumlah kolom
2. Pada kotak number of rows isikan 4.
3. Klik ok
Proses penghapusan kolom dan baris pada posisi kursor
1. Klik kursor pada kolom/baris
2. Klik Format --> row/column --> Delete
3. Enter
Proses penambahan kolom dan baris pada posisi kursor
1. Klik kursor pada kolom/baris
2. Klik Format --> row/column --> Insert
3. kemudian isikan berapa kolom dan baris yang akan ditambah.
4. Klik ok
Halaman - 19
Modul TIK Kelas 8 – SMPIT Ummul Quro Bogor
5.3. Mengedit Tabel
• Mengatur lebar kolom
Klik mouse pada tabel yang akan diubah lebar kolomnya. Aktifkan menu Table – Autofit –
Column Width. Ketikkan angka kolom ke berapa yang akan diubah pada Column. Ketikkan
angka lebar kolom pada Width. OK.
• Mengatur Tinggi Baris
Klik mouse pada tabel yang akan diubah tinggi barisnya. Aktifkan menuTable – Autofit – Row
Height. Ketikkan angka kolom ke berapa yang akan diubah pada Height. Ketikkan angka tinggi
baris pada Height. OK.
• Mengatur Kolom dengan Bar Tabel
Halaman - 20
Modul TIK Kelas 8 – SMPIT Ummul Quro Bogor
5.3. Rangkuman Pembelajaran 4 :
Dalam suatu dokumen diperlukan suatu data yang dibuat dalam bentuk tabel atau kolom untuk
mempermudah dan memperjelas dokumen, seperti : menambah/menghapus baris/kolom
(insert/delete row/column), tinggi baris (high row), lebar kolom (column width), dll.
5.4. Tugas
Setelah anda belajar dalam pembuatan tabel, cobalah ulangi latihan yang lebih banyak lagi agar
anda lebih banyak mengetahui tentang fasilitas-fasilitas yang termuat pada tabel tersebut.
5.5. Tes Formatif :
5.5.1. Tes Teori
Isian Singkat
1. Langkah-langkah dalam pembuatan tabel melalui menu insert adalah:
a. menu utama insert > table
b. menu utama table > insert
c. menu utama insert >table > columns
d. menu utama table > insert > rows
e. menu utama table > insert > colums
2. Memanggil menu insert table juga bisa dengan menggunakan shortcut :
a. ctrl+F9
b. ctrl+F10
c. ctrl+F11
d. ctrl+F12
e. ctrl+F8
3. Selain dari menu insert membuat tabel juga bisa dengan mengklik :
a. insert pada main toolbars
b. insert pada object bar
c. insert pada function bar
d. insert pada drawing bar
e. insert pada formating toolbars
4. Pengaturan/penentuan jumlah baris pada langkah pembuatan tabel dapat dilakukan melalui
setting :
a. columns
b. auto
c. rows
d. auto format
e. table
5. Pengaturan/penentuan jumlah kolom pada langkah pembuatan tabel dapat dilakukan
melalui setting :
a. rows
b. auto
c. auto format
d. table
e. columns
Essay
1. Komponen sebuah tabel terdiri atas . . . . dan . . . .
2. Perpotongan antara kolom dengan baris pada tabel disebut dengan . . . .
3. Ikon . . . . berfungsi untuk menyisipkan baris pada tabel.
4. Langkah-langkah membuat grafik terdapat pada menu Insert – Tabel - . . . .
Halaman - 21
Modul TIK Kelas 8 – SMPIT Ummul Quro Bogor
5.5.2.Tes Praktek
1. Buatlah tabel dengan jumlah kolom 5 dan jumlah baris 18.
2. Jadikan Tabel Tersebut tabel menjadi tabel agenda (gunakan split dan merge sell agar tabel
terlihat menarik)
3. Tambahkan border dan background pada tabel.
4. Isilah yang sudah jadi itu dengan agendamu
Halaman - 22
Modul TIK Kelas 8 – SMPIT Ummul Quro Bogor
MODUL BELAJAR 5
6.1. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu melakukan memasukkan gambar pada dokumen dan mengatur penempatannya,
melakukan pencetakan file/dokumen dengan parameter standar dan mengetahui fitur-fitur pencetakan
menggunakan Perangkat Lunak Text Editor pada pengolah kata OpenOffice.
6.2. Memasukkan Gambar dan Pengaturannya
Gambar merupakan bagian yang penting dalam sebuah poster. Gambar dapat memudahkan
untuk memahami isi poster, memperindah tampilan sehingga menarik minat target . Oleh karenanya
gambar haruslah sesuai dengan tujuan poster itu dibuat, tidak sembarang gambar dapat ditempel
dalam sebuah poster.
Gambar yang sempurna harus dibuat dengan software khusus pembuat gambar. Software
OpenOffice.org Writer bukanlah pembuat gambar, akan tetapi dalam dokumen yang dibuat dengan
OpenOffice.org Writer dapat disisipkan gambar yang dibuat dengan software lain.
Gambar atau dalam bahasa komputer sering dikenal dengan istilah picture adalah gambar yang
dibuat dengan software lain (bukan OpenOffice.org Draw). File gambar umumnya berformat jpeg, gif,
png, bmp (bitmap) yang dapat disisipkan ke dalam program pengolah kata. Kamu bisa mendapatkan
file gambar-gambar tersebut dengan cara membeli CD gambar yang banyak tersedia di toko atau
membuat sendiri jika bisa atau yang paling mudah adalah dengan cara browsing di internet.
A. Cara memasukkan Gambar :
1. Aktifkan menu Insert – Picture – From File.
2. Carilah gambar yang akan disisipkan pada folder penyimpanan dengan cara:
◦ Cari nama folder penyimpanan pada Places.
◦ Pilih nama file pada kolom Name.
◦ Agar tidak salah pilih, untuk memunculkan tampilan gambar ceklis pada Preview.
3. Klik Open untuk membuka dokumennya
Cara Memodifikasi Gambar
B. Cara Memodifikasi gambar
Gambar yang disipkan terkadang ukurannya tidak sesuai dengan kebutuhan, untuk itu gambar
perlu diedit seperti mengubah ukuran maupun mengatur posisinya di dalam naskah. Berikut adalah
cara mengatur gambar di dalam dokumen:
Klik Format → picture untuk membuka jendela pengaturan gambar :
pada pengaturan gambar ada beberapa tab pengaturan seperti Type (mengubah ukuran dan
posisi, serta peletakan gambar), wrap (pengaturan posisi gambar terhadap text), hyperlink
(menghubungkan gambar dengan sebuah file yang akan dibuka), crop (memotong gambar).
Pada OpenOffice writer pengturan wrap merupakan pengaturan gambar yang cukup penting,
Halaman - 23
Modul TIK Kelas 8 – SMPIT Ummul Quro Bogor
karena akan mengatur posisi gambar terhadap text, cara pengaturannya adalah dengan membuka tab
wrap pada jendela pengaturan picture.
Halaman - 24
Modul TIK Kelas 8 – SMPIT Ummul Quro Bogor
6.3. Mencetak Dokumen
Mencetak dokumen adalah sebuah proses mencetak Dokumen yang kita miliki ke dalam bentuk
hardcopy. Adapun langkah –langkah yang dilakukan dalam mencetak dokumen adalah:
1. Klik File -->Print --> Page range: All, Current Page, Page dan perintah yang lain
2. Tekan OK
Penjelasan gambar :
Pada tampilan gambar diatas yaitu pilih page range :
All : mencetak semua/seluruh yang adadokumen,
Page : mencetak dokumen/file sesuai keinginan kita
misalnya : hal 1,2,5, 1 – 10, dst.
Selection : mencetak hanya pada kata atau paragraf yang diblok(dipilih)
Number of copies : jumlah pencetakan per halaman.
Collate : adalah urutan cetak dalam dokumen, jika aktif maka akan dicetak seluruh
dokumen baru kopiannya, tapi kalau tidak maka dokumen dicetak dengan
nomor halaman yang sama terlebih dahulu.
6.4. Membuat /Mengekspor file ke PDF( Portable Digital Format)
Hal yang menarik didapatkan pada aplikasi OpenOffice baik Text Document (pengolah kata),
Spreadsheet (lembar sebar), Presentation (presentasi) adalah kemampuannya untuk mengekspor
dokumen office ke format PDF (Portable Digital Format).
Keuntungannya secara software :
1. OpenOffice termasuk Aplikasi Pengkorversi yang Freeware dibandingkan dengan aplikasi
yang lain AIIPDF, Adobe Destiller PDF Text Converter, Go2PDF, Solid Converter PDF dan lain-lain
yang tidak gratis. Jadi kita tidak perlu mengeluarkan biaya untuk sebuah program aplikasi
pengkonversi dokumen. Karena dalam modul 9 KKPI juga tercantum kompetensi mengkonversi file
dokumen ke PDF, keterampilan ini jelas harus dikuasai oleh seorang pengelola/pengolah informasi
agar tidak terpaku pada satu format tertentu saja.
Halaman - 25
Modul TIK Kelas 8 – SMPIT Ummul Quro Bogor
2. OpenOffice bisa mengkonversi file dari selain OpenOffice misalnya Microsoft Office. Bagi
anda yang sudah terlanjur bekerja di MS Office tidak perlu kuatir karena OpenOffice bisa
melakukannya.
Sedangkan keuntungan secara kebutuhan pemakai file PDF berukuran lebih kecil dari format
office seperti *.doc, *.xls *.ppt, *.sxw, *.sxi. Sehingga untuk keperluan Upload, Download, File Attached
pada E-mail akan lebih ringan, tentu saja dari melihat ukuran akan menghemat kapasitas media
penyimpanan.
Langkah-langkah pengkonversian :
1. Buka dokumen baik itu dari Text Document maupun MS Word.
2. Aturlah ukuran kertas dan setting printer yang diinginkan.
3. Kemudian klik file → Export as PDF atau dengan mengklik ikon PDF Export directly as
PDF seperti pada gambar 31.
4. Kemudian pada menu export berilah nama file dokumen yang ingin dikonversi ke format
PDF, tentukan folder atau directory dimana anda akan menyimpan file tersebut. Dibawah contoh
gambar menyimpan dengan nama Modul KKPI dengan pada folder My Document
Halaman - 26
Modul TIK Kelas 8 – SMPIT Ummul Quro Bogor
6.3. Rangkuman Kegiatan Belajar 4 :
Mencetak file/dokumen dengan parameter standar dan penggunaan fitur-fitur seperti page
setup, printer setup, dan print preview serta sub-sub fitur didalamnya. Dan mampu mengkorversi
sebuah dokumen yang telah dikerjakan keformat PDF.
6.4. Tugas
Cetaklah sebuah dokumen/file dengan menggunakan orientation portait dan landscape masingmasing
1 lembar.
Praktekan bagaimana cara mengkonversi file yang telah dikerjakan pada pengolah kata ke
format PDF.
6.5. Tes Formatif :
6.5.1. Tes Teori
1. Jelaskan proses pengaturan pencetakan dokumen yang telah dipanggil pada pengolah
kata text documen dari OpenOffice.
2. Jika anda ingin mencetak halaman tertentu pada satu buah dokumen terdapat 70 lembar
halaman, dan yang anda inginkan hanya mencetak halaman 1 sampai 10, 50 sampai 55
saja. Bagaimana perintah yang anda masukkan di dalam menu cetak printer.
3. Apa keuntungan kita mengkonversi file dokumen ke format PDF.
6.5.2. Tes Praktek
Bagaimana langkah-langkah menampilkan menu seperti gambar di bawah.
Halaman - 27

kamu udah segini aja dari aku sebenernya sih yah ada gambarnya tapi.............ada something yang menghambat jadi yaudahlah belajar ini aja deuh gila inimah 27 halaman meen-___-

2 comments:

Nasya Ramadhita Putri said...

fira.. ini kamu dapet dari mana?

Safira Ayu Pakungwati said...

dari pateeediii -__-

Post a Comment

Tuesday, October 18, 2011

Modul TIK Kelas 8 – SMPIT Ummul Quro Bogor
1. PENDAHULUAN
1.1 DESKRIPSI
Modul Pembelajaran TIK SMPIT Ummul Quro Bogor Kelas 8 Semester Ganjil
1.2 TUJUAN AKHIR
Setelah mempelajari modul ini, peserta didik diharapkan untuk dapat :
• Menjelaskan dan mempersiapkan Perangkat Lunak Freeware untuk dapat digunakan
mengolah kata;
• Menjelaskan dan mengoperasikan fungsi menu-menu pengolah kata Freeware ;
• Menjelaskan dan mengoperasikan fungsi menu-menu editing dan formating sederhana pada
pengolah kata Freeware ;
• Menjelaskan dan mengoperasikan cara pengaturan Layout Dokumen pada pengolah kata
Freeware ;
• Menjelaskan dan mengoperasikan cara pengaturan Format Berulang (AutoCorrect) pada
pengolah kata Freeware ;
• Menjelaskan dan mengoperasikan pembuatan Header, Footer, Page Numbering pada
pengolah kata Freeware ;
• Menjelaskan dan mengoperasikan cara menggunakan Tabulasi pada pengolah kata
Freeware ;
• Menjelaskan dan mengoperasikan cara membuat Teks Berkolom pada pengolah kata
Freeware ;
• Menjelaskan dan mengoperasikan cara membuat tabel pada pengolah kata Freeware ;
• Menjelaskan dan mengoperasikan perintah cetak dan konversi dokumen ke PDF pada
Perangkat Lunak pengolah kata Freeware ;
\
Halaman - 1
Modul TIK Kelas 8 – SMPIT Ummul Quro Bogor
MODUL BELAJAR 1
1. Definisi Perangkat Lunak Pengolah Kata
Word processor (selanjutnya disebut pengolah kata) adalah suatu program pengolahan
dokumen yang berisi teks dan gambar atau berbasis GUI (Graphic User Interface) yang memiliki
banyak keistimewaan.
Dalam sistem operasi berbasis teks seperti DOS kita bisa memanfaatkan perintah copy con
untuk membuat file teks, walaupun sifatnya sangat-sangat terbatas. Sedangkan dalam sistem operasi
GUI seperti Windows sebenarnya sudah ada notepad maupun Wordpad yang kemampuannya dalam
mengolah kata sudah cukup baik. Namun karena tuntutan terhadap kebutuhan untuk bekerja dengan
teks dan obyek-obyek lain yang semakin kompleks akhirnya harus dipergunakan Perangkat Lunak
yang benar-benar bisa memenuhinya.
Saat ini sudah terdapat banyak sekali Perangkat Lunak pengolah kata yang bisa mengerjakan
bermacam tugas yang sangat kompleks. Contoh-contohnya adalah Wordstar, ChiWriter,
WordPerfect, MS Work, Microsoft Word, KWriter dan AmiPro.
Ciri khas Perangkat Lunak pengolah kata secara umum adalah mengolah mulai dari karakter,
kata, kalimat, yang akhirnya membentuk suatu paragraf, sekumpulan paragraf membentuk satu
halaman, dan kumpulan halaman membentuk sebuah naskah yang dalam hal ini disebut sebagai file
atau dokumen.
Kemampuan utama Perangkat Lunak pengolah kata meliputi penulisan, pembentukan
(formatting) penambahan, penghapusan, penyimpanan dan pencetakan.
Dalam Modul ini akan dibahas program pengolah kata Freeware dari Sun Microsystem yaitu
text document pada OpenOffice. Sama halnya dengan MS Word pada Microsoft Office adalah suatu
program pengolahan kata yang berbasis GUI. Namun perbedaan hanya terletak pada Close Source
(berlesensi) dan Open Source (bebas untuk dikembangkan bersama).
2. Mempersiapkan Perangkat Lunak Pengolah Kata
Perangkat Lunak pengolah kata Freeware yang banyak digunakan saat ini adalah Text
Dokument pada OpenOffice dari Sun Microsystem. Aplikasi Text Document memiliki fasilitas serta
fitur-fitur yang sebagian besar sama dengan MS Word.
Untuk dapat menjalankan Text Document pada OpenOffice, terlebih dahulu kita harus
menginstallnya ke dalam sistem Windows atau linux.
Cara untuk mengakses aplikasi Text Document yang sudah terinstal pada system Operasi
Windows, antara lain:
Langkah – langkahnya adalah :
Klik Start → Programs → OpenOffice → OO writer
Halaman - 2
Modul TIK Kelas 8 – SMPIT Ummul Quro Bogor
Setelah tereksekusi maka aplikasi Text Document akan dijalankan dan menampilkan lingkungan
kerja.
3. Rangkuman Kegiatan Belajar 1 :
Perangkat Lunak Word Processor (selanjutnya disebut pengolah kata) adalah suatu program
yang mengolah dokumen berisi teks dan gambar yang memiliki banyak keistimewaan dan sangat
profesional dibanding dengan program teks yang sudah ada. Perangkat Lunak pengolah kata dengan
platform windows yang open source yang banyak digunakan saat ini adalah Text Document platform
Windows dan OpenOffice dengan platform Linux
Halaman - 3
Modul TIK Kelas 8 – SMPIT Ummul Quro Bogor
2.5. Tes Formatif :
A. Tes Teori
1. Urutan langkah untuk mengakses Text Document menggunakan tombol start adalah ….
a.Start → Program → OpenOffice → Text Document
b.Start → OpenOffice → Text Document
c.Open → Start → Program → Open Text Document
d.Open → Start → Program → OpenOffice → Text Document
e.Start → Program → OpenOffice --> Spreadsheet
2. Menjalankan Program Text Document melalui Dekstop dapat dilakukan dengan cara ….
a.Klik ganda ikon Text Dokumen
b.Klik ganda tombol start
c.Klik ganda pada my document
d.Klik ganda my computer
e.Klik ganda network
3. Program Pengolah kata text document merupakan group dari program ….
a.OpenOffice
b.Ms Office
c.Ms Word
d.Windows
e.Open Office
4. Lokasi file program pengolah kata text documen secara default tersimpan pada folder ….
a.Program Files
b.my document
c. Accessories
d.Windows
e.My Data
5. File yang dieksekusi pada saat menjalankan Text Document pada Windows adalah ....
a.OpenOffice.exe
b.OpenOffice.exe
c.Office.exe
d.Office7.exe
e.soffice.exe
B. Tes Praktek
Installah OpenOffice untuk Windows dan kemudian cobalah buka dan perhatikan secara
seksama fitur dan pengaturan pengaturannya.
Halaman - 4
Modul TIK Kelas 8 – SMPIT Ummul Quro Bogor
MODUL BELAJAR 2
A. Mengenali Lingkungan Kerja
A.1. Menu dan Toolbar
Menu menampilkan sekumpulan perintah. Beberapa di antaranya selain berupa teks juga
memiliki gambar (image) yang menjadi simbolnya sehingga mudah mengasosiasikan keduanya.
Sebagian besar menu terletak pada menu bar, sedangkan toolbar adalah sebuah baris
memanjang yang bisa terdiri dari button (tombol), menu, atau kombinasi keduanya. Biasanya dapat
diaktifkan atau dinonaktifkan melalui View --> Toolbars
Pada Text Documen OpenOffice, selain Menu Bar terdapat 2 buah toolbars yang biasanya
ditampilkan yaitu :
1. Standar Bar
Terdiri perintah/ikon : New, Open File, Save Document, Edit, Export to PDF, Print, Cut, Copy,
Paste, Undo, Redo, Navigator On/Off, Stylist On/Of, Hyperlink, Gallery.
Halaman - 5
Modul TIK Kelas 8 – SMPIT Ummul Quro Bogor
2. Formatting Bar
Terdiri perintah/ikon : Apply Style, Font Name, Font Size, Bold, Italic, Underline, Align Left, Align
Right, Centered, Justified, Numbering On/Off, Bullet On/Off, Decrease Indent, Increase Indent, Font
Color, Highlighting, Paragraph background.
A.2. Shortcut Key (Kunci shortcut)
Kunci shortcut (jalan pintas) berfungsi untuk mengakses perintah dengan menggunakan
keyboard, yang sebagian besar mengacu pada layout keyboard U. S. Untuk sebagian pengguna yang
sudah banyak mengetahui kombinasi kunci-kunci ini biasanya lebih senang bekerja tanpa
menggunakan mouse. Karena akan banyak menghemat waktu dan mempercepat pekerjaan.
Di bawah ini terdapat daftar kombinasi kunci shortcut pada keyboard yang sering digunakan
untuk mengeksekusi perintah dalam aplikasi Text Document pada OpenOffice
Halaman - 6
Modul TIK Kelas 8 – SMPIT Ummul Quro Bogor
Untuk mencari informasi mengenai kombinasi lainnya tekan saja tombol F1 atau Help lalu
masukkan kata kunci keyboard shortcut, maka akan ditampilkan seluruh perintah yang ada dalam
OpenOffice.
A.3. Operasi Dasar
A.3.1. Membuat Dokumen Baru
Untuk membuat dokumen yang baru juga memiliki lebih dari satu cara:
1. Klik File --> New --> Text Document
alaman - 7
Modul TIK Kelas 8 – SMPIT Ummul Quro Bogor
2. Dengan keyboard shortcut Ctrl + N
3. Klik pada icon
Kemudian akan muncul lembar kerja kosong seperti yang ditunjukkan pada Gambar 6., baru
mulai membuat atau mengetik naskah.
A.3.2. Menyimpan Dokumen
Setelah bekerja dengan dokumen yang baru kalau kita perlu melakukan penyimpanan terhadap
dokumen tersebut. Cara-cara yang bisa dilakukan adalah :
1. Klik File > Save
2. Dengan keyboard shortcut Ctrl + S
3. Dan klik pada icon
Dalam menu File juga terdapat perintah Save As yang dimaksudkan untuk menyimpan file
yang sudah ada sebelumnya dengan nama yang lain. Hal ini ditujukan bila kita ingin melakukan
perubahan terhadap sebuah file namun file aslinya masih tetap kita pertahankan.
Ketika kita ingin menyimpan sebuah dokumen baru maka yang akan muncul setelah
mengeksekusi perintah simpan adalah sebuah jendela Save As. Kita harus memasukkan sebuah
nama untuk mengidentifikasi file tersebut setelah sebelumnya kita tentukan lokasi penyimpanannya.
Sedangkan untuk type file terdapat berbagai macam pilihan, untuk type asli file kita akan
disimpan dengan ekstensi .odt Pilihan type yang lain tergantung dari kebutuhan kita terhadap file
tersebut. Bisa berupa .txt bila tanpa menggunakan tambahan obyek lainnya seperti gambar. Atau bila
kita ingin membuat sebuah halaman web maka bisa dipilih type web page (html).
Halaman - 8
Pilih Type File yang diinginkan
Modul TIK Kelas 8 – SMPIT Ummul Quro Bogor
A.3.3. Membuka Dokumen
Dalam pengoperasian Perangkat Lunak menggunakan Text Documen pada OpenOffice
disamping kita mampu membuat dokumen baru juga dituntut untuk bisa membuka dokumen yang
sudah kita buat guna untuk perbaikan-perbaikan apabila terjadi kesalahan pada dokumen tersebut.
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan :
1. Klik File --> Open
Gambar
2. Dengan shortcut key, tekan Ctrl + O
Kedua cara di atas akan mengaktifkan jendela Open, kemudian kita tinggal mencari file mana
yang akan kita buka
A.3.4 Menutup Dokumen
Setelah berhasil membuka sebuah file maka kita harus bisa menutupnya secara benar, tetapi
sebelum kita menutup file sebaiknya harus disimpan dulu.
Cara yang bisa ditempuh adalah sebagai berikut:
1. Untuk menutup file tanpa keluar dari aplikasi,
Klik File --> Close
2. Sedangkan untuk menutup file sekaligus keluar dari Aplikasi Text Documen, klik pada icon
yang terletak di sebelah kanan atas lembar kerja.
3. Sedangkan dengan menggunakan shortcut bisa dengan menekan ALT+F4.
Halaman - 9
Modul TIK Kelas 8 – SMPIT Ummul Quro Bogor
Tugas
Setelah anda mengenal beberapa menu dan toolbars pada Text Document pada OpenOffice
writer, lakukanlah beberapa latihan lebih lanjut untuk mengenal menu dan toolbars atau perintahperintah
yang belum anda ketahui. Catat dan amati beberapa permasalahan yang anda temui dalam
latihan tersebut.
Tes Formatif :
3.7.1. Tes Teori
1. Membuat sebuah dokumen baru untuk mengeksekusi perintah dalam pengolah kata Text
Document adalah :
a. CTRL+N
b. CTRL+O
c. CTRL+W
d. CTRL+S
e. CTRL+E
2. Langkah-langkah menyimpan dokumen dalam aplikasi Text Document adalah :
a. klik File --> Open
b. klik File --> New
c. klik File --> Save
d. klik File --> page setup
e. Klik File --> reload
3. Menyimpan dokumen dengan nama file tertentu pada aplikasi Text Document adalah :
a. klik File --> Save
b. klik File --> Save As
c. klik File --> Open
d. klik File --> New
e. klik File --> Load
4. Untuk menutup dokumen dengan shortcut menggunakan tombol kombinasi keyboard . . . . .
a. ALT+F1
b. ALT+F2
c. ALT+F3
d. ALT+F4
e. ALT+F5
5. Pada Text Document OpenOffice, file yang akan disimpan secara default akan
berekstensi . . . .
a. .doc
b. .xls
c. .odt
d. .odf
e. .ods
Essay
1. Menu toolbar pada OpenOffice.org Writer yang utama dan aktif terdiri atas tiga komponen
yaitu . . . ., . . . . dan . . . .
2. OpenOffice.org Writer merupakan program paket perangkat lunak dari program perkantoran
.. . .
3. Menu maximize berfungsi untuk . . . .
4. Jelaskan fungsi scrollbar pada OpenOffice.org Writer . . . .
5. Menu toolbar yang digunakan untuk menampilkan toolbar tersembunyi terdapat pada
submenu
. . . .
6. Bagaimana cara memasukkan gambar ke dalam dokumen OpenOffice.org Writer?
Halaman - 10
Modul TIK Kelas 8 – SMPIT Ummul Quro Bogor
7. Jelaskan perbedaan antara menu Bullets dan menu Numbering!
8. Apa yang dimaksud dengan funngsi kombinasi pada keyboard?
9. Ctrl + V memiliki fungsi untuk . . . .
10. Menu insert memiliki fungsi untuk . . . .
3.7.2 Tes Praktek
Lakukan urutan langkah-langkah membuka, menyimpan satu naskah pada folder my document
dengan nama file latihan dengan menggunakan mouse dan tombol kombinasi (shortcut), kemudian
menutup dan membuka kembali file yang telah dikerjakan.
Halaman - 11
Modul TIK Kelas 8 – SMPIT Ummul Quro Bogor
MODUL BELAJAR 3
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu melakukan formating dan editing sederhana, mengatur layout dokumen,
mengatur format berulang (Auto correct), pembuatan header, footer, page numbering, mengunakan
tabulasi, membuat teks berkolom menggunakan Perangkat Lunak menggunakan Aplikasi Open
SourceText Documen dari OpenOffice.
A.1. Melakukan Editing Dan Formatting Sederhana
Untuk membuat sebuah naskah yang bagus kita bisa memanfaatkan berbagai macam fasilitas
yang disediakan oleh terutama fasilitas formatting yang sudah diletakkan dalam sebuah toolbar
tersendiri.
Pada toolbar tersebut sudah tersedia fasilitas-fasilitas untuk mengubah jenis huruf (font style),
ukuran huruf (font size), format huruf, perataan (alignment), spasi baris, penandaan dan penomoran,
jarak masuk paragraf, batas tepi, highlight, serta warna font.
Sedangkan untuk fasilitas lainnya bisa diakses melalui menu Format.
A.2. Menggunakan perintah Cut, Copy, Paste
1. Perintah Cut berfungsi memotong text atau objek yang sumbernya dihilangkan dan disimpan
di clipboard.
2. Perintah Copy berfungsi untuk menggandakan text atau objek yang sumbernya masih tetap
dipertahankan.
3. Perintah Paste berfungsi untuk menyalin/menempel text atau objek yang telah tersimpan
didalam clipboard yang dilakukan oleh perintah cut dan copy.
Perintah ini dapat diakses pada menu edit atau pada function toolbars seperti yang terlihat pada
gambar 14, juga bisa juga digunakan tombol kombinasi pada keyboard.
Halaman - 12
Modul TIK Kelas 8 – SMPIT Ummul Quro Bogor
A.3. Mengatur Layout Dokumen, Paragraf, dan Character
Agar penampilan dokumen kita lebih bagus perlu kita lakukan juga pengaturan pada batasbatas(
margin)halaman lembar kerja, ukuran kertas juga orientasi yang kita butuhkan. Untuk
mengaksesnya klik pada Format → Page
Pada tab Margins terdapat form-form pengaturan batas kanan, kiri, atas dan bawah. Sedangkan
Orientation digunakan untuk memilih tampilan memanjang atau melebar. Tab Paper digunakan untuk
memilih ukuran kertas, yang akan tersedia secara lengkap apabila periferal printer sudah terinstal.
Selain Pengaturan Halaman, dalam penyusunan dokumen juga dibutuhkan pengaturan
paragraf. Ini dilakukan agar paragraf yang kita buat bisa kita sesuaikan dan kreasikan sesuai dengan
format yang diminta. Untuk melakukan pengaturan paragraf dengan mengklik : Format –. Paragraph
Halaman - 13
Pada function
toolbar
terseidia\\\\\\\\\\\\\\\\
\\\\\\\
Pada menu
edit
terseidia\\\\\\\\\
\\\\\\\\\\\\\\
Tombol
kombinasi
keyboard
terseidia\\\\\\\\\\\\\
\\\\\\\\\\
Modul TIK Kelas 8 – SMPIT Ummul Quro Bogor
Pada pengaturan paragraf dilakukan pengaturan terhadap :
1. Indensi dan Jarak yang meliputi
a. Before text, berfungsi untuk mengatur jarak antara sisi kiri paragraf dengan batas margin
kiri.
b. After text, berfungsi untuk mengatur jarak antara sisi kanan paragraf dengan batas margin
kanan.
c. First line, digunakan untuk pengaturan seberapa jauh baris pertama paragraf akan
menjorok lebih ke dalam atau ke luar dibandingkan dengan baris kedua,dan seterusnya
d. Above/Below Paragraph, berfungsi mengatur jarak antar paragraf
e. Line Spacing, berfungsi mengatur jarak antar baris
2. Drop Caps yang berfungsi untuk mengatur pemberian huruf besar di awal baris
3. Alignment yang berfungsi untuk mengatur rataan terhadap paragraf
Dan pengaturan yang juga penting untuk dilakukan adalah pengaturan karakter/font
1. Font : Mengatur jenis font, bentuk font, dan ukuran font
2. Font Effect : Memberikan efek pada font yang dipilih
3. Hyperlink : Menjadikan kata yang dipilih sebagai link untuk membuka dokumen
Halaman - 14
Modul TIK Kelas 8 – SMPIT Ummul Quro Bogor
A.4. Pembuatan Header, Footer, Bullets & Numbering
Header adalah tulisan atau gambar yang terletak pada bagian atas halaman yang akan terus
muncul sebanyak jumlah halaman yang kita buat. Contoh yang sering kita temui adalah kop surat.
Sedangkan footer adalah header yang terletak di bagian bawah halaman.
Langkah membuat header
1. Klik Insert --> Header --> Default
2. Klik Insert --> Footer --> Default
3. Klik Menu Format --> Numbering/Bullets atau dengan mengklik ikon Bullets dan
Numbering
Halaman - 15
Modul TIK Kelas 8 – SMPIT Ummul Quro Bogor
A.5. Menggunakan Tabulasi
Tabulasi pada keyboard adalah suatu loncatan tempat kursor berpindah yang digunakan untuk
membuat awal paragraf menjorok atau masuk ke dalam, dalam pengolahan kata menggunakan text
editor pada OpenOffice telah tersedia ukuran atau jarak tabulasi secara otomatis. Untuk membuat
atau mengubah tabulasi dapat dilakukan degan mudah;
1. Tempatkan mouse pointer diatas ruler yang akan dibuat batas tabulasi yaitu pada ruler1.
2. Klik mouse.
3. Untuk menggeser/memindahkan letak tabulasi, klik mouse pada tanda tabulasi, kemudian
tekan tombol mouse dan jangan dilepas sambil mengesernya ketempat yang Anda inginkan, lepas
tombol mousenya maka sekarang tanda tabulasi akan bergeser.
Untuk menghilangkan tabulasi ada 2 cara:
A. Menggunakan mouse
1. Tempatkan mouse pointer pada tabulasi yang telah dibuat.
2. Tekan tombol mouse sambil menggesernya ke bawah sampai tanda tabulasi hilang.
3. Setelah hilang lepaskan tombol mouse secara cepat.
Dengan menggunakan menu
1. Klik Format --> Paragraph
2. Pilih Menu Tabs --> pada kolom position masukkan nilai jarak tabulasi --> pada kolom type
pilih jenis alignment tabulasi
A.6. Membuat Teks berkolom
Pengetikan paragraf dalam bentuk kolom-kolom yang sangat umum diterapkan pada pembuatan
koran sehingga pada umumnya pengetikan model seperti ini disebut kolom koran.
Halaman - 16
Modul TIK Kelas 8 – SMPIT Ummul Quro Bogor
4.9. Tugas
Dari langkah-langkah editing dan formating yang telah anda lakukan coba lakukan kembali
proses tersebut untuk dapat mengenal lebih jauh lagi fitur edit dan format yang anda ketahui. Catat
permasalahan dan pengamatan yang anda temui dalam pelaksanaan latihan tersebut.
4.10. Tes Formatif :
Pilihan Ganda
1. Tujuan melakukan editing dan formating adalah :
a. agar naskah menjadi bagus dan rapi
b. agar naskah mudah dibuka
c. agar naskah tidak hilang
d. memudah di dalam penyimpanan (saving)
e. memudahkan pencetakan
2. Dalam editing membuat huruf bercetak tebal dapat dilakukan dengan menekan tombol/icon
a. italic
b. bold
c. underline
d. font size
e. align left
Halaman - 17
Modul TIK Kelas 8 – SMPIT Ummul Quro Bogor
3. Untuk mengatur naskah dalam bentuk kolom dapat kita lakukan melalui menu :
a. insert --> columns
b. edit --> columns
c. format --> columns
d. tools --> columns
e. file --> columns
4. Untuk mengatur layout dokumen pada aplikasi pengolah kata Text Documen melalui ;
a. format --> page
b. file --> page setup
c. view --> toolbars
d. tools --> options
e. file --> print
5. Untuk membuat header atau footer pada pada aplikasi text documen melalui :
a. file --> header atau footer
b. edit --> header atau footer
c. view --> header atau footer
d. insert --> header atau footer
e. format --> header atau footer
Essay
1. Sebutkan tahapan pengelolaan dokumen . . . .
2. Untuk membuka file dokumen data menggunakan menu shortcut berupa ....
3. Jelaskan fungsi dari Save As . . . .
4. Bagaimana cara merubah ukuran dan posisi kertas . . . .
5. Apa yang dimaksud dengan perintah Before Text dalam fungsi menu indentasi teks . . . .
6. Sebutkan perbedaan antara menu header dan footer . . . .
7. Disebut apakah posisi kertas berbentuk datar?
8. Apa yang dimaksud dengan portrait?
9. Ctrl + S berfungsi untuk . . . .
10. Untuk mencetak dokumen, kita dapat menggunakan menu ikon yang bergambar . . . .
4.10.2. Tes Praktek
1. Buatlah sebuah naskah lebih dari dua halaman didalam naskah tersebut disertakan header
atas nama masing-masing, dan footer berisi kelas masing-masing, serta berilah penomoran
otomatis.
2. Buatlah sebuah naskah sebanyak satu halaman dengan menggunakan kolom koran.
Halaman - 18
Modul TIK Kelas 8 – SMPIT Ummul Quro Bogor
MODUL BELAJAR 4
5.1. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu membuat/mengaplikasi tabel (menambah, menghapus baris dan kolom
menggunakan Text Editor pada pengolah kata OpenOffice
5.2. Membuat Tabel
Dalam suatu dokumen diperlukan suatu data yang dibuat dalam bentuk tabel atau kolom untuk
mempermudah dan memperjelas dokumen untuk praktek tabel.
Proses pembuatan tabel
1. Klik Insert --> Table
Sebagai contoh pada kotak number of coloums isikan jumlah kolom
2. Pada kotak number of rows isikan 4.
3. Klik ok
Proses penghapusan kolom dan baris pada posisi kursor
1. Klik kursor pada kolom/baris
2. Klik Format --> row/column --> Delete
3. Enter
Proses penambahan kolom dan baris pada posisi kursor
1. Klik kursor pada kolom/baris
2. Klik Format --> row/column --> Insert
3. kemudian isikan berapa kolom dan baris yang akan ditambah.
4. Klik ok
Halaman - 19
Modul TIK Kelas 8 – SMPIT Ummul Quro Bogor
5.3. Mengedit Tabel
• Mengatur lebar kolom
Klik mouse pada tabel yang akan diubah lebar kolomnya. Aktifkan menu Table – Autofit –
Column Width. Ketikkan angka kolom ke berapa yang akan diubah pada Column. Ketikkan
angka lebar kolom pada Width. OK.
• Mengatur Tinggi Baris
Klik mouse pada tabel yang akan diubah tinggi barisnya. Aktifkan menuTable – Autofit – Row
Height. Ketikkan angka kolom ke berapa yang akan diubah pada Height. Ketikkan angka tinggi
baris pada Height. OK.
• Mengatur Kolom dengan Bar Tabel
Halaman - 20
Modul TIK Kelas 8 – SMPIT Ummul Quro Bogor
5.3. Rangkuman Pembelajaran 4 :
Dalam suatu dokumen diperlukan suatu data yang dibuat dalam bentuk tabel atau kolom untuk
mempermudah dan memperjelas dokumen, seperti : menambah/menghapus baris/kolom
(insert/delete row/column), tinggi baris (high row), lebar kolom (column width), dll.
5.4. Tugas
Setelah anda belajar dalam pembuatan tabel, cobalah ulangi latihan yang lebih banyak lagi agar
anda lebih banyak mengetahui tentang fasilitas-fasilitas yang termuat pada tabel tersebut.
5.5. Tes Formatif :
5.5.1. Tes Teori
Isian Singkat
1. Langkah-langkah dalam pembuatan tabel melalui menu insert adalah:
a. menu utama insert > table
b. menu utama table > insert
c. menu utama insert >table > columns
d. menu utama table > insert > rows
e. menu utama table > insert > colums
2. Memanggil menu insert table juga bisa dengan menggunakan shortcut :
a. ctrl+F9
b. ctrl+F10
c. ctrl+F11
d. ctrl+F12
e. ctrl+F8
3. Selain dari menu insert membuat tabel juga bisa dengan mengklik :
a. insert pada main toolbars
b. insert pada object bar
c. insert pada function bar
d. insert pada drawing bar
e. insert pada formating toolbars
4. Pengaturan/penentuan jumlah baris pada langkah pembuatan tabel dapat dilakukan melalui
setting :
a. columns
b. auto
c. rows
d. auto format
e. table
5. Pengaturan/penentuan jumlah kolom pada langkah pembuatan tabel dapat dilakukan
melalui setting :
a. rows
b. auto
c. auto format
d. table
e. columns
Essay
1. Komponen sebuah tabel terdiri atas . . . . dan . . . .
2. Perpotongan antara kolom dengan baris pada tabel disebut dengan . . . .
3. Ikon . . . . berfungsi untuk menyisipkan baris pada tabel.
4. Langkah-langkah membuat grafik terdapat pada menu Insert – Tabel - . . . .
Halaman - 21
Modul TIK Kelas 8 – SMPIT Ummul Quro Bogor
5.5.2.Tes Praktek
1. Buatlah tabel dengan jumlah kolom 5 dan jumlah baris 18.
2. Jadikan Tabel Tersebut tabel menjadi tabel agenda (gunakan split dan merge sell agar tabel
terlihat menarik)
3. Tambahkan border dan background pada tabel.
4. Isilah yang sudah jadi itu dengan agendamu
Halaman - 22
Modul TIK Kelas 8 – SMPIT Ummul Quro Bogor
MODUL BELAJAR 5
6.1. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu melakukan memasukkan gambar pada dokumen dan mengatur penempatannya,
melakukan pencetakan file/dokumen dengan parameter standar dan mengetahui fitur-fitur pencetakan
menggunakan Perangkat Lunak Text Editor pada pengolah kata OpenOffice.
6.2. Memasukkan Gambar dan Pengaturannya
Gambar merupakan bagian yang penting dalam sebuah poster. Gambar dapat memudahkan
untuk memahami isi poster, memperindah tampilan sehingga menarik minat target . Oleh karenanya
gambar haruslah sesuai dengan tujuan poster itu dibuat, tidak sembarang gambar dapat ditempel
dalam sebuah poster.
Gambar yang sempurna harus dibuat dengan software khusus pembuat gambar. Software
OpenOffice.org Writer bukanlah pembuat gambar, akan tetapi dalam dokumen yang dibuat dengan
OpenOffice.org Writer dapat disisipkan gambar yang dibuat dengan software lain.
Gambar atau dalam bahasa komputer sering dikenal dengan istilah picture adalah gambar yang
dibuat dengan software lain (bukan OpenOffice.org Draw). File gambar umumnya berformat jpeg, gif,
png, bmp (bitmap) yang dapat disisipkan ke dalam program pengolah kata. Kamu bisa mendapatkan
file gambar-gambar tersebut dengan cara membeli CD gambar yang banyak tersedia di toko atau
membuat sendiri jika bisa atau yang paling mudah adalah dengan cara browsing di internet.
A. Cara memasukkan Gambar :
1. Aktifkan menu Insert – Picture – From File.
2. Carilah gambar yang akan disisipkan pada folder penyimpanan dengan cara:
◦ Cari nama folder penyimpanan pada Places.
◦ Pilih nama file pada kolom Name.
◦ Agar tidak salah pilih, untuk memunculkan tampilan gambar ceklis pada Preview.
3. Klik Open untuk membuka dokumennya
Cara Memodifikasi Gambar
B. Cara Memodifikasi gambar
Gambar yang disipkan terkadang ukurannya tidak sesuai dengan kebutuhan, untuk itu gambar
perlu diedit seperti mengubah ukuran maupun mengatur posisinya di dalam naskah. Berikut adalah
cara mengatur gambar di dalam dokumen:
Klik Format → picture untuk membuka jendela pengaturan gambar :
pada pengaturan gambar ada beberapa tab pengaturan seperti Type (mengubah ukuran dan
posisi, serta peletakan gambar), wrap (pengaturan posisi gambar terhadap text), hyperlink
(menghubungkan gambar dengan sebuah file yang akan dibuka), crop (memotong gambar).
Pada OpenOffice writer pengturan wrap merupakan pengaturan gambar yang cukup penting,
Halaman - 23
Modul TIK Kelas 8 – SMPIT Ummul Quro Bogor
karena akan mengatur posisi gambar terhadap text, cara pengaturannya adalah dengan membuka tab
wrap pada jendela pengaturan picture.
Halaman - 24
Modul TIK Kelas 8 – SMPIT Ummul Quro Bogor
6.3. Mencetak Dokumen
Mencetak dokumen adalah sebuah proses mencetak Dokumen yang kita miliki ke dalam bentuk
hardcopy. Adapun langkah –langkah yang dilakukan dalam mencetak dokumen adalah:
1. Klik File -->Print --> Page range: All, Current Page, Page dan perintah yang lain
2. Tekan OK
Penjelasan gambar :
Pada tampilan gambar diatas yaitu pilih page range :
All : mencetak semua/seluruh yang adadokumen,
Page : mencetak dokumen/file sesuai keinginan kita
misalnya : hal 1,2,5, 1 – 10, dst.
Selection : mencetak hanya pada kata atau paragraf yang diblok(dipilih)
Number of copies : jumlah pencetakan per halaman.
Collate : adalah urutan cetak dalam dokumen, jika aktif maka akan dicetak seluruh
dokumen baru kopiannya, tapi kalau tidak maka dokumen dicetak dengan
nomor halaman yang sama terlebih dahulu.
6.4. Membuat /Mengekspor file ke PDF( Portable Digital Format)
Hal yang menarik didapatkan pada aplikasi OpenOffice baik Text Document (pengolah kata),
Spreadsheet (lembar sebar), Presentation (presentasi) adalah kemampuannya untuk mengekspor
dokumen office ke format PDF (Portable Digital Format).
Keuntungannya secara software :
1. OpenOffice termasuk Aplikasi Pengkorversi yang Freeware dibandingkan dengan aplikasi
yang lain AIIPDF, Adobe Destiller PDF Text Converter, Go2PDF, Solid Converter PDF dan lain-lain
yang tidak gratis. Jadi kita tidak perlu mengeluarkan biaya untuk sebuah program aplikasi
pengkonversi dokumen. Karena dalam modul 9 KKPI juga tercantum kompetensi mengkonversi file
dokumen ke PDF, keterampilan ini jelas harus dikuasai oleh seorang pengelola/pengolah informasi
agar tidak terpaku pada satu format tertentu saja.
Halaman - 25
Modul TIK Kelas 8 – SMPIT Ummul Quro Bogor
2. OpenOffice bisa mengkonversi file dari selain OpenOffice misalnya Microsoft Office. Bagi
anda yang sudah terlanjur bekerja di MS Office tidak perlu kuatir karena OpenOffice bisa
melakukannya.
Sedangkan keuntungan secara kebutuhan pemakai file PDF berukuran lebih kecil dari format
office seperti *.doc, *.xls *.ppt, *.sxw, *.sxi. Sehingga untuk keperluan Upload, Download, File Attached
pada E-mail akan lebih ringan, tentu saja dari melihat ukuran akan menghemat kapasitas media
penyimpanan.
Langkah-langkah pengkonversian :
1. Buka dokumen baik itu dari Text Document maupun MS Word.
2. Aturlah ukuran kertas dan setting printer yang diinginkan.
3. Kemudian klik file → Export as PDF atau dengan mengklik ikon PDF Export directly as
PDF seperti pada gambar 31.
4. Kemudian pada menu export berilah nama file dokumen yang ingin dikonversi ke format
PDF, tentukan folder atau directory dimana anda akan menyimpan file tersebut. Dibawah contoh
gambar menyimpan dengan nama Modul KKPI dengan pada folder My Document
Halaman - 26
Modul TIK Kelas 8 – SMPIT Ummul Quro Bogor
6.3. Rangkuman Kegiatan Belajar 4 :
Mencetak file/dokumen dengan parameter standar dan penggunaan fitur-fitur seperti page
setup, printer setup, dan print preview serta sub-sub fitur didalamnya. Dan mampu mengkorversi
sebuah dokumen yang telah dikerjakan keformat PDF.
6.4. Tugas
Cetaklah sebuah dokumen/file dengan menggunakan orientation portait dan landscape masingmasing
1 lembar.
Praktekan bagaimana cara mengkonversi file yang telah dikerjakan pada pengolah kata ke
format PDF.
6.5. Tes Formatif :
6.5.1. Tes Teori
1. Jelaskan proses pengaturan pencetakan dokumen yang telah dipanggil pada pengolah
kata text documen dari OpenOffice.
2. Jika anda ingin mencetak halaman tertentu pada satu buah dokumen terdapat 70 lembar
halaman, dan yang anda inginkan hanya mencetak halaman 1 sampai 10, 50 sampai 55
saja. Bagaimana perintah yang anda masukkan di dalam menu cetak printer.
3. Apa keuntungan kita mengkonversi file dokumen ke format PDF.
6.5.2. Tes Praktek
Bagaimana langkah-langkah menampilkan menu seperti gambar di bawah.
Halaman - 27

kamu udah segini aja dari aku sebenernya sih yah ada gambarnya tapi.............ada something yang menghambat jadi yaudahlah belajar ini aja deuh gila inimah 27 halaman meen-___-

2 comments: